EAFF Football Championship 2022 Digelar 3 Hari Lagi, EAFF Diminta Undang Timnas Indonesia

FEDERASI Sepakbola Asia Timur (EAFF) akan segera menggelar EAFF Football Championship 2022. Bakal dihelat 3 hari lagi, EAFF pun kini dapat desakan untuk turut mengundang Timnas Indonesia berlaga di turnamen tersebut.

Ya, EAFF Football Championship 2022 akan digelar pada 19 hingga 27 Juli. Awalnya, putaran final turnamen ini akan digelar di China, namun akhirnya Jepang ditunjuk menjadi tuan rumah pengganti.

EAFF Football Championship 2022

Turnamen EAFF Football Championship 2022 hanya diikuti 4 negara. Mereka adalah Jepang, China, Korea Selatan, dan Hong Kong.

Jelang digelarnya ajang EAFF Football Championship 2022, Federasi Sepakbola Asia Timur pun diharapkan bisa mengundang Timnas Indonesia untuk berlaga di sana. Hal ini disampaikan netizen Indonesia di kolom komentar Instagram resmi EAFF.

“Undang Indonesia,” tulis salah satu akun sembari menampilkan emoji bendera Indonesia.

“Kalau ada Indonesia pasti makin ramai,” tulis akun lainnya.

“EAFF 2023, Indonesia kudu wajib gabung,” harap akun lainnya.

Harapan ini sendiri muncul seiring dengan desakan Timnas Indonesia keluar dari Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF). Timnas Indonesia pun diminta bergabung ke EAFF.

Desakan keluar dari AFF sendiri datang imbas dugaan sepakbola gajah di Piala AFF U-19 2022 yang merugikan sepakbola Tanah Air. Tepatnya di laga pamungkas fase grup Piala AFF U-19 2022, Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19 dituding main mata sehingga laga yang mempertemukan kedua tim itu berakhir imbang 1-1.

Hasil tersebut pun diketahui sudah cukup membawa Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19 ke semifinal, sekaligus menyingkirkan Timnas Indonesia U-19. Alhasil, Timnas Indonesia U-19 yang punya poin sama dengan keduanya harus memupus harapan tampil di semifinal karena kalah secara head to head.

Timnas Indonesia

PSSI sendiri langsung mengajukan protes kepada AFF atas dugaan sepakbola gajah itu. Namun, tak hanya sekadar protes, Indonesia juga didesak mundur dari AFF dan masuk ke disarankan gabung ke federasi sepakbola lainnya di Asia.

EAFF pun dinilai cocok untuk Timnas Indonesia karena dihuni tim-tim kuat Asia. Dengan bergabung ke sana, skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- bisa semakin meningkatkan kualitasnya karena bersaing dengan tim-tim besar.